Skip to content

Gurita Cikeas Ternyata Sudah Tidak Ada

December 28, 2009

Pihak presiGurita Cikeasden SBY mangatakan bahwa priharin fakta-fakta yang ditulis dalam buku Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century tulisan George Junus Aditjondro sepertinya tidak akurat dan tidak mengandung kebenaran yang hakiki. Sebaliknya, Aditjondro membantah tudingan yang mengatakan buku itu ditulis tidak berdasar fakta-fakta[1]. Bahkan Aditjondro menantang SBY berdebat jika buku ‘Gurita Cikeas’ tersebut itu dipermasalahkan.[2]

Hari Minggu 27 Desemeber 2009 lalu, saya sedang mencari buku Kumpulan Cerpen di Gramedia Pondok Indah Mall. Lalu saya teringat seputar kontroversi buku ‘Gurita Cikeas’. Karena itu saya mencari buku tersebut di sejumlah rak di toko buku ini. Tetapi ternyata buku itu tidak ada. Konon Buku “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century” hanya bertahan beberapa jam di toko-toko buku, karena ada instruksi menarik semua buku tersebut [3]. Tetapi Aditjondro mengaku tidak khawatir. Dia justru berencana menggelar acara bedah buku, mengupas Buku “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century” [4].

Katanya, belum ada larangan dari Kejaksaan Agung mengenai peredaran buku ini. Lalu mengapa buku ini seperti menghilang? Apakah penarikan ini dilakukan oleh pihak-pihak yang khawatir dengan isi buku ini? Ataukah penarikan buku ini merupakan taktik dagang dari penerbit dan penjualnya?

Apa gunanya melarang buku ini? Susilo Bambang Yudoyono, Presiden RI meraih Doktor dari IPB. Geoge Junus Aditjondro, peneliti dan pengamat sosial, meraih Doktor dari Cornell University, New York. Jadi keduanya sama-sama telah mencapai jenjang tertinggi dalam dunia akademik. Oleh karena itu DR Geoge Junus Aditjondro tentu memahami bagaimana menyusun tulisan yang berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan DR Susilo Bambang Yudoyono tentu mengerti cara berargumentasi dan berpolemik secara ilmiah dan sehat.

  1. http://www.tempointeraktif.com/hg/fokus/2009/12/27/fks,20091227-1017,id.html
  2. http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/12/28/18045331/George.Junus.Aditjondro.Tantang.SBY.Berdebat
  3. http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/12/26/14513673/buku.gurita.cikeas.langsung.ditarik
  4. http://www.detiknews.com/read/2009/12/27/053943/1266318/10/buku-hilang-dari-peredaran-george-tak-khawatir
No comments yet

Leave a comment