Skip to content

Jangan ke Bank Pada Jam Istirahat Kantor

July 21, 2013

Seperti saya ceritakan pada posting Mengurus Surat Keterangan Kehilangan Di Kantor Polisi, awal bulan ini saya kehilangan Token PIN (alat untuk transaksi di Internet Banking). Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan, saya ke Bank Mandiri di dekat kantor saya untuk mengajukan permintaan Token PIN yang baru. Tetapi ternyata kata CS, persediaan Token PIN sedang habis. Saya disarankan ke cabang Bank Mandiri lain. Untunglah cabang itu tempatnya tidak terlalu jauh dari kantor saya.Jangan ke Bank Pada Jam Istirahat Kantor

Jam 12:10 saya tiba di cabang Bank Mandiri tsb., saya mendapat nomor antrian 44. Saya lihat nasabah nomor antrian 43 sedang dilayani CS. Karena hanya beda satu nomor dengan nasabah yang sedang dilayani CS, maka saya mengira hanya akan menunggu sebentar saja. Ternyata saya keliru. Saya baru dapat giliran setalah lewat jam 12:30. Ini karena hanya ada satu CS yang bertugas. Di meja CS yang lain ada kertas tertulis “Next Counter, Please”. Saya lihat di meja teller juga tidak berbeda.

Rupanya, meskipun kantor Bank tetap buka pada jam istirahat kantor, karyawan yang bertugas dikurangi. Jadi kalau Anda akan berurusan dengan Bank, sebaiknya jangan datang pada jam istirahat kantor. Kalau Anda datang ke Bank pada jam istirahat kantor, besar kemungkinan Anda harus menungggu lama, karena sebagian besar CS dan Teller juga istirahat.

Saran di atas mungkin tidak mudah dilakukan oleh saya dan sebagian dari Anda yang termasuk di kuadran “E” menurut Kiyosaki. Sebagai karyawan yang baik, Anda tentu tidak ingin meninggalkan kantor pada jam kerja, sehingga memilih untuk ke Bank pada jam istirahat. Niat Anda yang baik ini, belum tentu mendapatkan hasil yang baik. Dengan hanya satu orang CS yang bertugas, misalkan satu nasabah berurusan selama 15 menit, bayangkan Anda datang jam 12:10 dan mendapat antrian ke 4 atau ke 5. Kemungkinan Anda harus menunggu satu jam atau lebih.

Untuk Anda yang tetap tidak ingin meninggalkan kantor pada jam kerja, saya sarankan datang ke Bank di luar hari kerja. Ada beberapa Bank yang menyelenggarakan Week End Banking pada hari Sabtu dan Minggu. Tetapi sayangnya belum tentu Week End Banking menyelenggarakan semua layanan perbankan. Jadi sebaiknya ada menanyakan dulu (misalnya lewat telpon) sebelum datang ke Bank. Saya sarankan juga supaya Anda datang ke Week End Banking di luar waktu makan siang. Besar kemungkinan, sebagian besar CS dan Teller juga istirahat pada waktu makan siang.

No comments yet

Leave a Reply

