Skip to content

Pindah ke Lain Ojek Online

July 8, 2016

Sejak Januari 2016 saya menjadi sering menggunakan ojek online. Sampai hampir 6 bulan saya hanya memakai Grab bike, dan merasa sudah cukup dengan Grab bike saja. Dengan satu aplikasi Grab bike, kita sudah dapat menggunakannya untuk Grab bike, Grab Taxi dan Grab Car. Sejauh ini, yang saya perlukan hanya ojek/ Grab bike untuk menembus kemacetan Jakarta. Saya tidak/belum memerlukan Grab Taxi dan Grab Car.

image

Kemudian pada April 2016 yang lalu, saya ada pekerjaan di Semarang. Ternyata di Semarang sudah ada GoJek, tetapi belum ada Grab bike. Meskipun demikian saya masih belum tertarik memakai GoJek, karena lalu lintas di Semarang tidak macet seperti Jakarta, sehingga saya tidak perlu memakai ojek. Selain itu, saya di Semarang tidak terlalu lama.
Setelah beberapa lama memakai Grab bike, saya beberapa kali mengalami kesulitan mendapatkan pengemudi. Seingat saya, ada lebih dari tiga kali saya tidak berhasil mendapatkan pengemudi Grab bike, sehingga saya terpaksa menggunakan moda transportasi lain.
image
Di samping itu ada lebih dari 6 kali pengemudi Grab bike yang mengambil order saya ternyata tidak menyediakan head cover, padahal sewaktu memesan, saya hampir selalu menuliskan note agar pengemudi Grab bike menyediakan head / hair cover. Buat saya, head /hair cover adalah perlengkapan penting. Bayangkan saja, helm itu bukan helm milik kita, berapa kepala yang sudah bergantian memakai helm yang disediakan ojek? . Itu sama saja dengan memakai baju/pakaian yang sudah dipakai oleh orang lain. Saya tidak mau memakai helm itu tanpa head/hair cover
Saya sudah beberapa kali menuliskan masalah tidak tersedianya head/hair cover ini pada waktu memberikan feed back dan rating, tetapi saya masih sering mengalami tidak tersedianya head/hair cover. Hal hal itu mendorong saya mendownload aplikasi Gojek.
Beberapa perbedaan yang saya amati antara aplikasi Grab Bike dengan GoJek adalah :
1) Setelah kita mengisikan lokasi berangkat dan lokasi tujuan, pada peta di layar aplikasi GoJek akan tampak lintasan jalan yang akan dilewati. Pada aplikasi Grab Bike lintasan jalan ini tidak tampak.
2) Pada aplikasi Grab Bike akan tampak posisi posisi pengemudi Grab Bike disekitar lokasi berangkat. Aplikasi GoJek tidak menampakkan posisi posisi pengemudi GoJek.
3) Apabila ada pengemudi yang mengambil order kita, di aplikasi Grab Bike akan tampak nama, foto pengemudi, nomor ponsel dan nomor polisi pengemudi yang mengambil order kita. Kemudian, peta di aplikasi Grab Bike akan menampakkan posisi pengemudi yang akan mengantar kita.

4) Pada aplikasi GoJek, hanya akan muncul nama pengemudi dan perkiraan waktu, tetapi di peta tidak tampak posisi pengemudi yang mengambil order kita.
Saya baru sekitar tiga kali memakai GoJek. Tetapi yang saya suka, ke tiga pengemudi GoJek yang mengambil order saya semua menyediakan head/hair cover. Saya menduga, Gojek memang menganggap penting Hair Cover dan Masker untuk penggunanya. Gojek telah membuat sistem untuk memastikan pengemudi GoJek menyediakan Head/Hair Cover dan Masker untuk pengguna /penumpang. Hal ini tampak pada bagian Rating dan Comment, aplikasi GoJek sudah menyiapkan form feed back “Driver did not provide face mask and hair cover “. Kalau pengemudi GoJek tidak menyediakan Hair Cover dan Masker, pengguna dapat langsung mencentangnya dan mengirimkan feed back itu .
Di aplikasi Grab Bike, feedback mengenai tidak tersedianya Hair Cover dan Masker ini harus kita tulis sendiri.

image

5 Comments leave one →
  1. Ano permalink
    August 30, 2016 2:38 am

    Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Grabbike memang tidak menyediakan hair net dan bahkan masker. Kenapa? karena semua itu harus dibeli sendiri oleh drivernya. Begitupun sebenarnya dengan gojek. Mereka harus merogoh kocek sendiri untuk menyediakan fasilitas itu, kecuali saat pertama kali gabung, itu diberi free sebanyak 12/20 set. Kalau habis, ya beli. Gojek memiliki tarif minimum 12rb. Tentunya masih punya kelebihan untuk membeli hair net dan masker selain bensin. Sedangkan grab tarif minimum nya 5rb. Bayangkan, dengan tarif 5 ribu, harus beli bensin, hair net dan masker? lalu driver dapat apa?

    • August 31, 2016 3:28 pm

      Terima kasih, Mas Ano.
      Dari penjelasan Mas Ano, saya baru mengetahui adanya perbedaan tarif minimum Gojek dengan Grabbike.
      Karena Hair Cover dan face mask adalah perlengkapan standar yang disediakan untuk penumpang GoJek, maka Gojek lebih sesuai dengan keperluan saya.
      Salam

  2. June 16, 2017 2:47 pm

    Saya niat untuk berkerja untuk menafkain anak bini saya dan kelurga saya

  3. June 16, 2017 2:51 pm

    Sya niat dan pokus untuk berkerja untuk menafkain kerurga saya

    • June 17, 2017 6:31 am

      Semoga niat baik dan usaha Mas Umar berhasil. Semoga Allah melimpahkan berkahNya

Leave a Reply

