Skip to content

Biaya Top Up TransJakarta Untuk Donasi Lansia?

January 8, 2017

Sabtu, 7 Januari 2016, sekitar jam 12:30, saya akan naik Bus TransJakarta di Halte Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Karena saldo kartu Flazz BCA saya tidak cukup, maka saya ke loket kasir TransJakarta untuk mengisi saldo (top up). Kasir TransJakarta mengatakan, sekarang setiap kali top up dikenakan biaya Rp 2000., sambil menunjuk ke pengumuman yang ditempel di depan loket (lihat gambar di bawah). Kasir TransJakarta juga mengatakan, nanti biaya Rp 2000. itu akan didonasikan untuk para Lansia.

070120175127_1
Saya menanyakan donasi itu untuk para Lansia mana? (Maksud saya, lansia di panti jompo apa? Atau lansia yang diasuh oleh yayasan apa?). Kasir TransJakarta tidak bisa menjawab pertanyaan saya.
Saya juga mengatakan bahwa di pengumuman ini, tidak ada keterangan bahwa biaya Rp 2000. itu akan didonasikan untuk para Lansia. Kasir TransJakarta menjawab, sesuai arahan perusahaan (PT Transportasi Jakarta), kalau ada penumpang TransJakarta yang bertanya, dia harus menjelaskan bahwa biaya Rp 2000. itu akan didonasikan untuk para Lansia. Sepertinya, manajemen TransJakarta kurang lengkap dalam memberikan penjelasan kepada kasirnya mengenai kegiatan donasi untuk lansia ini.
Karena soal donasi yang tidak jelas ini, saya mau mengatakan, tidak jadi melakukan top up di kasir TransJakarta. Tidak jauh dari halte ini ada ATM BCA. Dari pada terlibat dan mendukung kegiatan pengumpulan dana yang tidak jelas arahnya, lebih baik saya sedikit mengorbankan waktu dan energi dengan berjalan kaki ke ATM BCA itu untuk melakukan top up.
Melihat saya tampak enggan dikenakan biaya top up Rp 2000., kasir TransJakarta lalu menanyakan apakah saya punya kartu debit? Kata dia, top up dengan kartu debit tidak dikenakan biaya. Saya segera mengeluarkan kartu debit BCA saya. Kasir TransJakarta kemudian mengisikan saldo di kartu Flazz BCA saya.
Dengan menulis posting ini, saya tidak sedang mempengaruhi Anda untuk tidak peduli kepada Lansia. Saya tidak sedang mempengaruhi Anda untuk tidak mendukung suatu usaha dan niat baik TransJakarta, atau perusahaan / lembaga lain, atau siapapun. Saya hanya ingin mengatakan, saya tidak mau terlibat dan mendukung kegiatan pengumpulan dana yang tidak jelas dan tidak transparan. Seharusnya, di samping penjelasan dan arahan yang lengkap kepada kasir dan staf front liner, TransJakarta juga wajib mengumumkan kegiatan penggalangan dana donasi untuk lansia ini kepada pengguna layanan TransJakarta. Andai kegiatan ini dikomunikasikan dengan baik dan dijamin bahwa akan dilaksanakan secara bertanggung jawab, saya yakin banyak yang akan mendukung.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

No comments yet

Leave a Reply

